Pages

Monday, July 22, 2024

Perkawinan Beda Agama; Antara Tawaran Daniel Yusmic dan Teladan Nadiem Makarim


Daniel Yusmic P Foekh adalah hakim konstitusi saat ini. Setahuku perkawinannya seagama, sama-sama kristennya -- GPIB jika tidak salah.

Sedangkan Nadiem Makarim, menteri pendidikan kita, memilih mengikatkan diri dan istrinya melalui perkawinan beda agama (PBA).

Mana yang lebih bahagia diantara Hakim Yusmic dan Nadiem? Menurutku keduanya bahagia. Indikator paling sederhana mengukur kebahagiaan rumah tangga seseorang, menurutku, adalah perceraian.

Bersama dalam ikatan perkawinan belum tentu menunjukkan bahagia. Namun perceraian jelas mengekspresikan ketidakbahagiaan --ketidakbahagiaan sepakat untuk diakhiri.

Sunday, July 21, 2024

Kristen Ortodoks dan Pisang Rebus agak Gosong



"Mo, selamat datang. Mohon maaf, mau duduk di dalam atau luar? Di luar aja ya, agar aku bisa ngudud," ujarku menyambut Romo Stavros, Sabtu (20/7), sore hari.

Kami sudah janjian bertemu di rumahku. Setelah dari rumahku, ia berencana menjemput putrinya yang les bulutangkis di balai desaku.

Romo Stavros sudah lama aku tahu. Terakhir kali, aku mengundangnya saat buka bersama Bu Sinta Nuriyah ramadlan lalu. Ia berkenan memimpin doa lintas agama.

Ia adalah satu-satunya presbyter (pendeta/pastor/imam) Gereja Orthodoks Indonesia (GOI) di Jawa Timur. Ya, cum satu. Aku membayangkan betapa berat tugasnya merawat kedewasan spiritual ribuan jemaatnya.

Friday, July 19, 2024

Surat Untuk Muslimah Yang Tak Berjilbab


Saya mendapat banyak curhatan dari Muslimah yang mendapat cibiran, sindiran, risak, ancaman, bahkan dikucilkan karena memilih untuk tidak menutup kepala (jilbab atau sejenisnya). Banyak dari mereka yang tidak kuat, gentar dan surut, sehingga memilih “menyerah” pada kondisi seperti itu. Saya benar-benar prihatin dan simpati saya sepenuhnya untuk mereka.


Sebagai seorang Muslim, saya ingin mengatakan pada mereka bahwa tidak menutup kepala bukanlah tindak kejahatan (jarimah) yang bisa dipidana. Kalian sama sekali tidak melakukan apa pun yang merugikan orang lain. Jilbab sendiri adalah urusan yang masih diperdebatkan dalam hukum Islam. Ada yang mewajibkan, ada juga yang tidak. Keduanya punya argumentasi yang sama-sama kuat.

Wednesday, July 17, 2024

APA SALAHNYA MEREKA KE ISRAEL?



Lima orang kader NU babak-belur, dihujat netizen berjamaah. Gara-garanya, mereka  foto bareng Presiden Israel dan beberapa elit politik Israel, sembari tersenyum pula. 

Situasi ini membuat PBNU buru-buru mengklarifikasi dan memintakan maaf mereka ke publik? Apa sebenarnya kesalahan mereka? 

Dari lima orang kader NU, ada dua orang yang aku kenal agak mendalam --dalam arti pernah berkomunikasi; Munawir Azis dan Nurul Bahrul Ulum. 

Dengan Azis, aku pernah berproses di CEPDES milik alm. Lily Zakiyah Munir. Aku pernah mengisi kelas pemikiran Gus Dur bersamanya, jika tidak salah ingat. 

Sedangkan dengan Nurul, aku pernah ke rumahnya saat Kongres Ulama Perempuan I. Aku kenal Jacky, suaminya. Kami dulu sering ketemu di acara GUSDURian. Nurul kader NU yang cerdas dan kritis. Saat Facebooknya terblokir, aku ikut membantu membukanya.

Tuesday, July 9, 2024

Wayang Potehi Jombang ke Eropa ; Menampilkan Geger Pecinan Hingga Nyanyi Ya Lal Waton


Kiprah internasional Wayang Potehi FuHeAn Gudo Jombang semakin berkibar. Bulan lalu, tidak hanya mementaskan cerita geger Pecinan, mereka juga mengumandangkan Ya Lal Waton, mars kebangsaan milik Nahdlatul Ulama, saat manggung dalam Sidang Umum UNESCO di Paris, 11-12 Juni 2024.

Featured Post

Cerita Seru Dari Mundusewu

Dalam seminggu terakhir ini Jombang dihebohkan beberapa peristiwa, mulai dari berita pengkondisian proyek di Diknas, penyegelan Ruko Simpang...